Breaking

Monday, April 6, 2015

Cara Menginstal Windows 8 Dengan Sistem UEFI

desktop w8
Sekilas tentang UEFI
Saat ini beragam notebook hadir di pasaran Indonesia dengan spesifikasi yang bermacam-macam. Namun, umumnya sudah menggunakan sistem UEFI untuk BIOS-nya. UEFI merupakan solusi masalah pre-booting yang selama ini menjadi kendala pada BIOS konvensional. UEFI awalnya dikembangkan oleh Intel dan diberi nama EFI. Namun sebuah group yang terdiri dari 140 perusahaan mengambil alih pengembangannya dan menamainya Unified EFI atau UEFI.


Seperti halnya BIOS, UEFI menghubungkan antara hardware, firmware, dan OS dalam sebuah komputer. UEFI menjadi program yang pertama kali berjalan saat komputer dinyalakan. UEFI akan mengecek setiap komponen hardware yang terpasang di komputer, menyalakannya, mengaturnya, dan menyerahkannya ke sistem operasi melalui proses booting.

Nah disini saya akan menjelaskan cara instal Windows 8 dengan sistem UEFI tersebut.

Sebelum itu kita harus mempersiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu
1. File iso Windows 8
1    2. USB Flashdisk drive minimal 4GB
3. Software Rufus bisa anda download disini 

Langkah Membuat bootable USB Windows 8 dengan Rufus
1. Masukkan flashdisk yang berkapasitas minimal 4GB tadi pada komputer atau Notebook yang memiliki sistem operasi Windows 8. Pastikan data-data didalam flashdisk sudah dibackup terlebih dahulu.
2. Jalankan aplikasi rufus yang telah Anda download sebelumnya.
3. Silahkan Anda pilih USB flashdisk dan pilih file sistem yang akan kita gunakan ialah FAT 32/NTFS, pada bagian partition scheme and target system type pilih GPT partition scheme for UEFI computer, kemudian berikan centang pada mode Quick Format , Create a bootable disk using dan juga Create extended label and icon files. 
rufus1

4. Arahkan kursor Anda pada ikon drive kecil yang berkolom merah yang berada disamping pilihan Create a bootable disk using,  Dan pilih dimana lokasi tempat penyimpanan file ISO Windows 8 yang Anda tempatkan sebelumnya. Dan setelah file sistem Windows 8 sudah siap, selanjutnya klik Start, untuk memulai tranfer file-file dari ISO Windows 8 kedalam USB. Dan apabila keluar pmberitahuan WARNING: ALL DATA ON DEVICE Flash Drive. Anda klik saja OK. 
rufus2
5. Tunggu sampai proses selesai. Close rufusnya kemudian safely remove flashdisk yang sudah dibuat bootable tadi 
rufus3


      Langkah-Langkah Instalasi Windows 8 dengan Sistem UEFI
1. Masukan USB flashdisk dan pastikan juga settingan BIOS pada komputer anda Prioritas boot pertama memakai USB Flaskdisk, pastikan jenis boot UEFI bukan legacy BIOS. Pada bagian ini membutuhkan waktu beberapa saat untuk setup, Anda akan menemukan layar sebagian besar hitam yang bisa Anda lihat gambar dibawah ini. 
win1

2. Setelah selesainya file yang tersalin , kemudian ditampilkan pengaturan bahasa, waktu, mata uang, dan pengaturan input keyboard, bisa diatur sesuai keinginan Anda. Dan klik Next. 
win2

3. Klik tombol Install now untuk memulai proses instalasi windows 8. 
win3

4. Kemudian Anda akan dimintai untuk memasukkan kunci produk guna untuk mengaktifkan instalasi Windows 8. Ketikan kunci produk bisa anda cari di google dan kemudian klik Next. 
win4

5. Pada langkah ini Anda akan dimintai untuk membaca perjanjian lisensi dengan kotak yang bertulisan I accept the license terms, contengkan pada kolom tersebut kemudian klik tombol Next. 
win5

6. Anda akan di minta pilihan diantara dua pilihan yaitu Upgrade atau Instalasi Costum. Pilihlah Custom: Install Windows only (advanced)
win5

7. Pada langkah ini Anda akan diminta untuk memilih menempatkan dimana menginstal Windows 8. Untuk itu Anda harus memilih partisi yang sesuai Anda inginkan. Dan kemudian klik Next. 

8. Dan jika Anda menginstal pada komputer baru, buat partisi baru terlebih dahulu. dengan itu Anda dapat mengikuti langkah berikutnya untuk membuat partisi baru. Klik Drive Option.  
win6


9.   Buatlah partisi baru pada komputer Anda dengan klik pada New. 
win7

10. Anda ditujukan untuk menentukan ukuran partisi yang diinginkan dan kemudian klik Apply.

win8

11. Anda akan dimintai untuk mengkonfirmasi atas partisi baru tambahan yang Anda buat untuk file sistem,  yang akan digunakan untuk proses boot dan pemulihan sistem. langsung klik OK.
win11

12. Pastinya Anda sudah memastikan partisi yang terplih sudah benar lalu klik Next. Dengan catatan pada partisi yang akan Anda instal windows 8. Anda dapat memformat partisi sebelum menekan Next. 
win12

13. Langkah akhir proses instalasi selesai, ini merupakan langkah yang membutuhkan waktu yang lumayan lama, pastikan baterai pada Notebook tidak kosong atau Anda bisa untuk menyambungkan ke pengisian baterai, agar tidak terhambat proses instalasi ditengah jalan.

win13

14. Setelah proses instalasi selesai, setup windows dengan otomatis akan mereboot sistem, Anda dapat melihat proses persiapan sistem yang akan muncul pada login pertama. 

15. Personalisasi Instalasi Windows 8. 

16. Setelah proses reboot selesai dilakukan komputer, windows akan mempersiapkan file-file yang dibutuhkan sistem untuk bisa dijalankan, dan memerlukan waktu beberapa menit.
win16

17. Tahap selanjutnya setelah proses menyiapkan segala sesuatu untuk windows, Anda akan diminta untuk mengatur personalisasi windows 8 Anda. Dimulai dengan memberikan nama untuk komputer Anda. dan ada beberapa karakter yang tidak diterima oleh windows seperti ketikan (*&^%$##@!:<"?-_-~`). Secara otomatis Anda akan diberitahukan karakter kata yang tidak bisa digunakan dalam pembuatan nama untuk komputernya. Setelah memberikan nama buat komputer, Anda dapat memilih warna background yang sesuai dengan selera Anda inginkan. Apabila telah selesai klik Next.
win17

18. Jika saat Anda menginstal windows 8 pada komputer menggunakan perangkat atau kartu jaringan nirkabel/WIFI, disini Anda akan dimintai untuk memilih jaringan nirkabel untuk menghubungkan dan memasukkan kata sandi yang sesuai dengan koneksi yang tersambung kejaringan tersambung. Apabila Anda yang terhubung dengan melalui kabel ke jaringan, Anda tidak akan melalui langkah tersebut yang terhubung dengan jaringan WIFI.

19. Dan langkah selanjutnya, Anda dapat memilih apa menggunakan Express Setting yang sudah dibundel bersama Windows 8 atau Anda ingin mengatur pengaturan instalasi nya sesuai keinginan dapat memilih opsi Customize, lalu klik Customize. 
win19

20. Setelah proses diatas Anda disegerakan untuk mengkonfirmasi untuk mengaktifkan file sharing atau tidak mengaktifkan. dan silahkan Anda memilih opsi yang sesuai keingina Anda. 
win20

21. Sampai disini Anda akan mengatur pengaturan Windows Update sesuai yang Anda inginkan, dan seperti fitur keamanan, Smartscreen filter itu semua bisa Anda atur dengan selera masing-masing lalu klik Next.Untuk lanjut kelangkah selanjutnya.
win21

22. Langkah berikut akan ditanyakan apakah Anda ingin mengirimkan berbagai jenis informasi kepada Microsoft, Anda dapat mengaturnya dengan sesuai preferensi Anda lalu klik Next. 
win22

23. Masih dalam opsi settingan, Anda juga ditanyai seputar masalah dan pilihan apa yang ingin dinyalakan, Anda juga dapat mengubah atau mengatur aplikasi dapat digunakan nama dan gambar akun dan jika Anda memberika izin untuk mengetahui lokasi Anda. pengaturan tersebut dapat Anda atur sesuai dengan keinginan Anda sendiri. lalu klik Next. 
win23

24. Kemudian Anda akan diarahkan kepada layar Sign in to your PC. 
win24

25. Dan disini juga Anda yang tidak ingin men-Sign in ke akun Microsoft dapat klik saja pada Sign in without a Microsoft account. Yang berada dibawah jendela dan ikuti saja petunjuk yang akan ditujukan oleh setup wizard.  Kalau saya sendiri lebih memilih bagian ini. 
win25

26. Kemudian pilih local account isilah username seperti dibawah ini, masukan password. Jika tidak abaikan saja langsung klik finish. 
win26

27. Langkah berikutnya, Settingan sistem pun selesai tinggal Anda menunggu windows sedang mempersiapkan komputer Anda dalam proses finishing. 
win27

28. Langkah selanjutnya, tampilan tutorial singkat tentang menjalankan atau mengakses Windows akan ditampilkan. 
win28


29. Selesai, setelah langkah-langkah yang Anda lalui dalam instalasi Windows 8, tampilan Star Screen Windows 8 Akan Anda rasakan sekarang. 

30. Setelah Instalasi selesai dilakukan selanjutnya anda cek ketersedian driver biasanya untuk Notebok dan komputer tipe terbaru sudah dikenali otomatis seperti driver Wireless , LAN, Audio, VGA(onboard), kecuali VGA dengan grafik GPU seperti NVIDA dan ATI Radeon harus kita install driver tersebut.

       Demikian lah panduan cara menginstal Windows 8 dengan Sistem UEFI. Semoga bermanfaat.
Source : berbagai sumber