Breaking

Wednesday, January 24, 2018

Cara paling Ampuh Mengatasi windows resume loader pada windows 7


Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi mengenai pengalaman saya dalam mengatasi kerusakan system windows 7, yaitu mengenai windows resume loader.

Kemarin tetangga saya mengalami kasus dimana notebook nya mengalami kejadian seperti ini :
Cara paling Ampuh Mengatasi windows resume loader pada windows 7

Kejadian ini bermula saat notebook tersebut dalam kondisi sleep, lalu datang lah adik dari teman nya yang memang dikenal nakal dan suka mengutak atik barang orang lain baik itu dirumah nya sendiri maupun di rumah teman kakak nya ini.

Setelah itu mereka menyerahkan permasalahan ini kepada saya, setelah saya cek ketika menghidupkan notebook tersebut tampilan nya seperti gambar diatas, dan anehnya keypad alias keyboard menjadi tidak berfungsi. Seharusnya dalam opsi itu kita bisa memilih panah atas dan bawah, tetapi ini tidak bisa.

Coba browsing ternyata masalah ini terjadi ketika komputer atau laptop dalam mode sleep, kemudian komputer atau laptop memasuki mode hibernasi yang berarti laptop dalam keadaan stand by dengan daya kecil dan pada saat itu juga aliran listrik ke laptop anda terputus dengan sebab mati listrik atau hal lainnya yang membuat laptop mati total saat keadaan stand by, dan jika dinyalakan kembali sistem windows akan masuk ke windows Resume Loader untuk memilih dua opsi :
1.Continue with system resume
2.Delete restoration data and proceed to system boot menu.

Jika saya samakan dengan keterangan si yang punya laptop ini benar adanya, ketika itu laptop dalam keadaan sleep hingga masuk mode hibernasi, entah apa yang dilakukan oleh adik temannya itu hingga menyebabkan seperti itu.

Setelah itu saya coba praktekan cara-cara yang saya dapat dari google
1. Menggunakan keyboard external usb, hasil nya nihil
2. Menggunakan keyboard ps/2, sudah pasti tidak bisa karena ini laptop bukan pc jadi tidak ada port ps/2 nya.
3. Mencabut baterai laptop, kemudian tekan dan tahan tombol power selama 10-20 detik lalu memasang kembali baterai laptop nya. Cara ini dipakai untuk menghilangkan semua arus listrik yang ada di mainboard. Biasanya saya gunakan untuk tahap awal pengecekan laptop yang mati total dan entah apa tujuan nya menggunakan cara ini, tapi ya saya ikuti saja petunjuknya, dan hasilnya tidak berpengaruh sama sekali.

Lalu saya berpikir untuk menginstal ulang saja, tapi saya rasa itu tidak mungkin, karena sebelum proses instalasi windows, kita harus ubah priority boot menggunakan CD/DVD atau usb di bios. Sedangkan untuk memasuki BIOS, kita harus memencet tombol entah itu F2, F10, Del dan lain-lain tergantung vendor laptop nya. Nah tahu sendiri keyboardnya sendiri unresponsive. Pusing kan jadinya. Hahaha.

Akhirnya saya mencoba untuk mencopot hardisk nya lalu saya pasang di PC, siapa tahu windows nya normal lagi.

Bim salabim, ternyata berhasil saudara sekalian. Begitu muncul tampilan " the last attempt to resume the system from its previous location failed bla..bla.." ternyata keyboard nya berfungsi, langsung saja saya eksekusi pilihan yang pertama dan berhasil masuk windows, tapi sayang nya langsung blue screen, tetapi setidaknya sudah ada titik terang. Haha.

Kemudian setelah itu saya pindahkan kembali hardisk tersebut ke laptopnya, dan Alhamdulillah tidak muncul pesan windows resume loader lagi. Hanya saja tampilan nya berbeda sekarang muncul tampilan dengan opsi :
1. repair windows startup
2. start windows normaly

Pada posisi ini awalnya saya memilih opsi kedua, yaitu start windows normally, akan tetapi system kembali restart dan saya dihadapkan dengan dua opsi tadi, akhirnya saya pilih opsi pertama repair windows startup. Setelah proses selesai, windows pun kembali normal.

Mungkin solusi mengatasi windows resume loader ini berbeda-beda, khususnya pada kasus laptop lebih rumit dengan windows resume loader di pc.

Semoga cara yang saya lakukan ini menjadi referensi agan sekalian jika menemui kasus seperti ini.

Demikian pengalaman saya mengenai cara paling ampuh mengatasi windows resume loader pada windows 7. Semoga bermanfaat. Wassalam.

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar Anda dibawah ini,
Adapun Peraturan berkomentar di blog ini :
1. Berkomentarlah sesuai Artikel diatas
2. Untuk berkomentar gunakan (OpenID/Nama Url/Google+)
3. Berkomentarlah menggunakan Bahasa Yang Jelas
4. Relevan
5. Sopan
6. No Spam,
7. No Link Aktif (Live Link)
8. No Promosi Iklan
9. No OOT(Out Of Topic)