Breaking

Wednesday, October 17, 2018

Mengatasi Windows Script Host Access disabled ketika menginstal driver

Pernah kah anda mengalami kejadian seperti ini ?
1. Mengatasi Windows Script Host Access disabled ketika menginstal driver

Tenang kalian tidak sendiri, saya pun mengalami nya. Kejadian nya beberapa hari kemarin,
berawal dari menginstal driver wireless dongle di PC desktop. Itu loh perangkat berbentuk Usb yang fungsi nya untuk menangkap sinyal wifi. Ceritanya PC tersebut mau di buat online. Oleh karena itu dibeli lah perangkat jaringan berukuran mini itu. Jadi tidak usah menggunakan kabel LAN.

Saya beli perangkat mini tersebut di Tokopedia, setelah barang nya tiba, lalu saya coba pasang dan ketika hendak menginstal driver perangkat tersebut, muncul warning seperti yang saya jelaskan diatas. Nah loh kenapa ini?? Saya coba cari permasalahanya apa, kemudian coba browsing di internet sampai saya temukan beberapa cara dan di coba satu persatu akhirnya berhasil.

Berdasarkan informasi yang saya dapat, Windows Script Host atau disingkat WSH ini sendiri adalah teknologi Microsoft yang memiliki kemampuan scripting seperti file batch, tetapi memiliki lebih banyak fitur. Script tersebut dijalankan langsung dari desktop dengan klik dua kali file script atau melalui command prompt atau biasa disebut CMD. WSH memungkinkan administrator sistem untuk mengotomitisasi sejumlah proses pada sistem Windows melalui script misalnya drive jaringan dan juga koneksi printer.

Jadi hal itulah yang menjadi alasan mengapa selalu keluar message/pesan error “windows script host access is disabled on this machine”. Seperti itulah kira-kira penjelasan singkatnya. Setelah itu saya eksekusi satu persatu yang saya dapat dari om google. Hehe.

Pertama saya coba lewat register dan mencari alamat ini HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows Script Host\Settings, tetapi sayangnya saya tidak menemukannya, lanjut ke step berikutnya

Saya coba memanfaatkan fitur pada anti virus Smadav, dimana antiv ini memiliki fitur mengijinkan atau menonaktifkan fungsi Windows script. Caranya adalah klik kanan ikon Smadav di notification area, lalu pilih Allow Windows Script & Macro (permanent) akan tetapi langkah ini pun masih gagal. Lanjut percobaan ketiga.
2. Mengatasi Windows Script Host Access disabled ketika menginstal driver


Dipercobaan ini saya memanfaatkan fitur system configuration windows.
Cara nya buka pencarian di windows lalu ketikan system configuration, dan Klik Seperti gambar berikut.
3. Mengatasi Windows Script Host Access disabled ketika menginstal driver

Atau
-tekan tombol windows +R secara bersamaan pada keyboard
-ketik msconfig di kotak RUN, kemudian tekan Enter
5. Mengatasi Windows Script Host Access disabled ketika menginstal driver
-pada tab General, klik Selective Startup. Di bawah Selective Startup hilangkan centang pada Load Startup items dengan sekali klik.

-Selanjutnya, klik tab services, klik untuk memilih Hide All service, kemudian klik Disable All. Lalu klik OK.
6. Mengatasi Windows Script Host Access disabled ketika menginstal driver

Selanjutnya saya coba lagi proses instalasi drivernya, dan Alhamdulillah berhasil dengan mengutak atik system configuration ini.

Demikian pengalaman saya mengenai Mengatasi Windows Script Host Access disabled ketika menginstal driver, semoga bermanfaat.